Prediksi Irak U23 vs Indonesia U23, Piala Asia 2 Mei 2024

oleh -144 Dilihat
Irak U23 vs Indonesia U23

ATJEHDAILY.ID – Prediksi Irak U23 vs Indonesia U23 di laga perebutan juara 3 Piala Asia AFC U23 2024 akan tayang live di RCTI pada Kamis (2/5/2024) pukul 22.30 WIB. Pertandingan penentuan tiket lolos Olimpiade Paris 2024 jalur Asia (AFC) ini akan dimainkan di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha. Qatar.

Timnas U23 memang baru saja kalah di semifinal Piala Asia AFC U23 2024 oleh Uzbekistan dengan skor 2-0 pada Senin (29/4). Namun, harapan Garuda Muda untuk lolos otomatis ke Olimpiade 2024 masih tersisa. Syaratnya adalah mengalahkan Irak di perebutan juara 3 AFC U23.

AFC menyediakan 3 slot lolos otomatis ke Olimpiade Paris 2024 untuk 3 tim terbaik di AFC U23 2024. Tercatat, 2 slot sudah dikunci oleh para finalis Piala Asia U23 2024, yaitu Jepang dan Uzbekistan. Namun, masih ada 1 slot yang akan jadi rebutan Timnas U23 Indonesia dan Irak.

Jika Timnas U23 Indonesia atau Irak sampai kalah di perebutan juara 3, perjuangan mereka akan lebih berat. Pasalnya, tim yang tumbang mesti memainkan laga playoff AFC-CAF melawan wakil Afrika, Guinea. Tentunya skenario kalah di perebutan juara 3 akan dihindari, baik Garuda Muda maupun Singa Mesopotamia.

Bagi Timnas U23 Indonesia, pertandingan kontra Irak bakal jadi ujian serius. Garuda Muda dipastikan akan tampil tanpa sang kapten Rizky Ridho yang mendapatkan kartu merah saat takluk dari Uzbekistan. Di sisi lain, penyerang Rafael Struick sudah bisa kembali tampil.

Pelatih Indonesia U23, Shin Tae-yong, menyatakan pihaknya masih optimistis untuk mengejar 1 tiket lolos otomatis ke Olimpiade 2024 lewat cara terakhir di perebutan juara ke-3. Shin mengakui, kekalahan teranyar Garuda Muda kontra Uzbekistan tak lepas dari penampilan solid lawan.

“Pertama-tama, saya apresiasi usaha yang bagus dari para pemain. Saya pikir Uzbekistan telah bermain dengan baik dan memberikan usaha yang bagus juga,” kata Shin dilansir dari Antara selepas laga semifinal.

Shin menyebut, jika para Garuda Muda tak mampu tampil lepas seperti di laga-laga sebelumnya. Apalagi, Uzbekistan yang dihadapi kala itu, dipandang sebagai salah satu tim terkuat saat ini. Jelang semifinal saja, Uzbekistan menjadi satu-satunya tim yang punya raihan 100 persen kemenangan dan clean sheet.

Pun Uzbekistan merupakan tim terproduktif lewat raihan 12 gol sebelum laga semifinal. Keseluruhan Uzbekistan adalah tim termahal di AFC U23 2024, dengan nilai pasaran Rp301,57 miliar, menurut data Transfermarkt.

“Saya pikir sebelum memulai pertandingan, para pemain merasa gugup. Hal ini mempengaruhi tim kami sehingga tidak bisa bermain dengan baik. Normalnya, kami bisa bermain baik seperti di pertandingan sebelumnya,” ujarnya.

Kali ini, Shin tentunya tak menghadapkan Indonesia bertanding dengan cara yang sama. Di atas kertas, kekuatan Irak seharusnya bisa lebih diredam Garuda Muda. Harga tim Irak (Rp34,33 miliar), bahkan tak lebih tinggi dari Indonesia (Rp83,43 miliar).

Selain itu, sebagian skuad Garuda Muda saat ini sudah merasakan kekuatan Irak senior, baik di Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan Piala Asia 2023 (2024). Para pemain itu misalnya Rafael Struick dan Pratama Arhan.

Berikutnya,ada Arkhan Fikri, Witan Sulaeman, Ivar Jenner, Justin Hubner, Marselino Ferdinan, hingga Ernando Ari. Minusnya hanya Rizky Ridho yang bakal absen kali ini karena skorsing kartu merah.

Sebaliknya, Irak U23 saat ini relatif tak banyak menyertakan pemain dari tim senior. Namun salah satu yang mesti diwaspadai Indonesia saat ini adalah winger Al Quwa Al Jawiya, Ali Jasim.

Ali Jasim termasuk salah satu pemain yang tampil dalam pertemuan Timnas Indonesia vs Irak di Piala Asia 2023 lalu. Sang penyerang sayap sejauh ini sudah tampil 5 kali. Ia telah menciptakan 3 gol dan 2 assist selama di AFC U23 2024.

Timnas U23 Indonesia akan kehilangan Rizky Ridho di laga pemungkas ini. Namun Garuda mendapatkan tenaga tambahan dari kembalinya Rafael Struick selepas skorsing kartu. Selebihnya, pelatih Shin Tae-yong tak memiliki masalah lain, terutama soal akumulasi kartu. Pasalnya, setiap tim mendapatkan pemutihan di semifinal.

Sementara itu, Irak akan kembali mengandalkan Ali Jasim yang sudah pernah melawan Indonesia di level senior. Sisanya, Singa Mesopotamia akan kembali diperkuat pemain yang tak tergantikan sejauh ini, masing-masing Zaid Tahseen di sektor belakang dan Hussein Hasan di pos penjaga gawang.

Timnas U23 Indonesia (3-4-3): Ernando Ari; Komang Teguh, Muhammad Ferrari, Justin Hubner; Fajar Fathur Rahman, Ivar Jenner, Nathan Tjoe A On, Pratama Arhan; Witan Sulaeman, Rafael Struick, Marselino Ferdinan. Pelatih: Shin Tae-yong.

Irak U23 (4-2-3-1): Hussein Hasan; Ahmed Hasan Maknazi, Josef Al Imam, Zaid Tahseen, Musafa Saadon; Zaid Ismael, Hussein Amer; Ali Jasim, Karrar Muh Al Mukhtar, Ali Basim; Salim Ahmed. Pelatih: Radhi Shenaishil.

Berikut ini perbandingan hasil Timnas U23 Indonesia dan Irak U23, jelang pertemuan di Piala Asia U23 pada Kamis (2/5/2024). Sepanjang AFC U23 2024, kedua tim memiliki hasil identik. Irak sedikit unggul dengan 3 menang dan 2 kalah, sedangkan Garuda Muda 2 menang, 1 seri, dan 2 kalah..(red)

Prediksi Skor Irak U23 vs Indonesia U23 : 1-2