Kominfo RI Gelar Literasi Digital di Universitas Teuku Umar

oleh -120 Dilihat

Aceh Barat (AD)- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia telah menggelar Literasi Digital di Aceh Barat dengan tema “Keamanan dalam bermedia Sosial”.

Kegiatan tersebut berlangsung di Gedung Auditorium Universitas Teuku Umar, Kabupaten Aceh Barat yang dihadiri 500 peserta.

Rektor Universitas Teuku Umar, Prof. Dr. Ishak Hasan, M.Si mengatakan, bahwa program Literasi Digital merupakan program yang sangat penting untuk masyarakat. Sehingga, dapat memahami perkembangan di era modern.

Program Literasi Digital yang dilaksanakan di Universitas Teuku Umar (UTU) sebagai upaya ikut serta dan mensupport dalam mensosialisasikan Literasi Digital bagi siswa, mahasiswa, dan masyarakat dalam wilayah Aceh Barat dan Aceh pada umumnya.

”Program Literasi Digital sangat penting untuk masyarakat agar dapat memahami perkembangan di era modern ini yang serba digital. Universitas Teuku Umar selalu ikut serta dan mensupport dalam memajukan dan mendukung program ini,” kata Ishak Hasan saat membuka secara langsung kegiatan Digital Literasi tersebut, Selasa, 7 November 2023.

Kemudian, program Literasi Digital tersebut juga menghadirkan 3 narasumber handal dengan background yang berbeda, antara lain Ketua Badan Riset Aceh Institute (BRAIN), Dr. Fajran Zain. MA, Kepala Dinas Kominsa Aceh Barat, diwakili oleh Kabid Persandian dan Statistik, Dedy Jefernal.ST, dan Direktur DID, Rachmad Muchliyan.

Nara sumber pertama, Dr. Fajran Zain.MA mengatakan, dalam menyikapi perkembangan zaman sekarang yang begitu cepat dan pesat saat ini, sangat dibutuhkan kesadaran Literasi untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

Dalam menyikapi perkembangan zaman yang begitu cepat saat ini, kata Fajran, sangat dibutuhkan kesadaran literasi untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

“Apalagi pusat informasi saat ini terdapat pada digital, kita terus mensosialisasikan betapa pentingnya digital di era sekarang untuk masyarakat khususnya masyarakat Aceh itu sendiri,” kata Fajran.

Senada dengan Fajhan, Dedy Fejernal, ST juga menjelaskan, mengenai keamanan bermedia Sosial di era zaman sekarang yang serba digital, Trik dan Tips bermedia yang bijak untuk masyarakat di paparkan di program Literasi Digital tersebut.

“Keamanan Digital sangat penting di pahami bagi masyarakat agar tidak terjebak dalam hal yang tidak di inginkan, Trik dan Tips kita aman ber Media Sosial meliputi Mengamankan Perangkat Digital, Mengamankan Identitas Digital, Mewaspadai Penipuan Digital, Memahami Rekam Jejak Digital, Memahami Anak Bermedia Digital yang Bijak, dalam memahami dan menerapkan hal tersebut, masyarakat khususnya Aceh akan aman bermedia Sosial di era zaman Digital, dan kami dari Diskominsa Aceh Barat akan terus sosialisasi serta membantu masyarakat Aceh Barat dalam konteks Digital,” kata Dedy

Kemudian, Rachmad Muchliyan selaku Direktur DID juga menjelaskan, berbisnis di Era Digital di zaman sekarang sangat berkembang pesat dengan adanya Platform serta starUp berbisnis di media digital. Semuanya jadi mudah dalam berbelanja apapun yang di butuhkan.

“Di era Digital seperti sekarang ini mau tidak mau kita harus memahaminya, apalagi dalam hal kita berbisnis, bisnis yang aktif di media sosial pasti akan maju karena pasarnya tidak terbatas, apalagi banyak platform serta StarUp di Indonesia yang sudah berkembang, jadi jangan takut dan wajib kita pahami ber bisnis di media Digital ini,” kata Rachmad.

Untuk diketahui, peserta Program Literasi Digital tesebut terdiri dari kalangan Siswa tingkat SMA/MA dan SMK, Mahasiswa, Pelaku UMKM, serta Masyarakat Umum.

Program tersebut juga bertujuan untuk menambah kesadaran siswa, mahasiswa, Pelaku UMKM dan masyarakat dalam meningkatkan kepedulian terhadap perkembangan teknologi digital pada zaman sekarang ini. (*)