Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia

oleh -74 Dilihat
Ratu Elizabeth II meninggal dunia. Ia meninggal dunia di usia 96 tahun. Dilansir AFP, Jumat (9/9/2022), kabar tersebut dilaporkan oleh Istana Buckingham.
Ratu Elizabeth II meninggal dunia. Ia meninggal dunia di usia 96 tahun (sumber foto: Getty Images via Detik)

ATJEHDAILY – Ratu Elizabeth II meninggal dunia. Ia meninggal dunia di usia 96 tahun. Dilansir AFP, Jumat (9/9/2022), kabar tersebut dilaporkan oleh Istana Buckingham.

Akun Twitter The Royal Family mengabarkan Ratu Elizabeth meninggal di Balmoral.

Sebelumnya diberitakan, Ratu Elizabeth II berada di bawah pengawasan medis di Balmoral, Skotlandia. Pengawasan dilakukan usai dokter istana menyatakan kekhawatiran atas kesehatan Ratu Elizabeth.

“Menyusul evaluasi lebih lanjut pagi ini, para dokter Ratu mengkhawatirkan kesehatan Yang Mulia dan merekomendasikan dia untuk tetap berada di bawah pengawasan medis,” kata sebuah pernyataan Istana seperti dilansir BBC, Kamis (8/9).

“Sang Ratu tetap nyaman dan berada di Balmoral,” sambung pernyataan itu.

Pangeran Charles dan istirnya, Camilla, disebut telah melakukan perjalanan ke Balmoral. Selain itu, Pangeran William yang merupakan cucu Elizabeth juga menuju ke Balmoral.

Sempat Tampil di Depan Umum

Ratu Elizabeth II sempat tidak terlihat di depan publik selama beberapa pekan. Namun, pada akhir Juni 2022 ia kembali tampil di muka umum. Ratu terlihat bahagia dengan membagikan senyum semringah saat melakukan tugas kerajaan di Skotlandia.

Istana Buckingham sebelumnya mengatakan bahwa Ratu, yang telah mengalami masalah mobilitas selama beberapa bulan terakhir, mungkin tidak bisa lagi melakukan perjalanan.

Namun, penggemar kerajaan terkejut sekaligus gembira setelah video Ratu Elizabeth II turun dari kereta di Edinburgh tanpa bantuan dibagikan oleh media sosial resmi Kerajaan Inggris. Seorang pengguna Twitter menulis, “Sungguh senyuman yang luar biasa, Yang Mulia,” sementara yang lain menambahkan, “Bukankah Ratu kita terlihat luar biasa?!”

Di Instagram, penggemar kerajaan hampir tidak bisa menahan kegembiraan mereka. Salah satunya berkomentar, “Sang Ratu terlihat luar biasa. Dia pasti senang berada di Skotlandia.”

Ratu Elizabeth II dipercaya tengah memiliki semangat yang baik saat ia mengambil bagian dalam upacara penting yang berlangsung di halaman depan Holyroodhouse, kediaman resmi bangsawan di Skotlandia.

Melansir Daily Beast, Rabu, 29 Juni 2022, selama upacara, Ratu secara simbolis menerima kunci ibu kota Skotlandia dari Lord Provost. Sesuai tradisi, ia kemudian mengembalikan kunci dengan mempercayakan para pejabat terpilih untuk menyimpannya.

Ratu tersenyum berdiri di halaman depan istana, dengan seorang anggota rombongannya memegang payung di atas kepalanya. Ia bergabung dengan putra bungsunya, Pangeran Edward, dan istrinya Sophie.(bbs)