Warga Banda Aceh Sembelih 1408 Hewan Kurban

oleh -320 Dilihat

Banda Aceh (AD)- Perayaan Idul Adha 1445 Hijriah di Kota Banda Aceh berlangsung meriah dan penuh makna dengan penyembelihan 1408 hewan kurban.

Angka ini terungkap dalam rapat yang dipimpin oleh Pj Wali Kota Banda Aceh, Amiruddin, pada Rabu 12 Juni 2024 di Balai Keurukon Balai Kota Banda Aceh.

Rapat tersebut dihadiri oleh para Asisten, seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Para Camat, dan para Kepala Bagian (Kabag) di jajaran Sekretariat Kota Banda Aceh.

Menurut data yang dihimpun oleh Bagian Keistimewaan dan Kesejahteraan Rakyat, jumlah kurban yang disembelih kali ini mencapai 1138 ekor sapi dan 270 ekor kambing.

Dari jumlah tersebut, masyarakat di gampong-gampong menyumbangkan 1054 ekor sapi dan 253 ekor kambing. Sementara itu, Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh melalui OPD-OPD menyumbangkan 87 ekor sapi dan 17 ekor kambing.

BACA..  Pengirim Paket Asam Sunti Berisi 100 Gram Sabu Ditangkap Polisi

Pj Wali Kota Banda Aceh, Amiruddin, menyampaikan beberapa arahan penting terkait distribusi hewan kurban yang disiapkan oleh OPD-OPD. Amiruddin menekankan pentingnya pendataan yang tepat untuk memastikan hewan kurban tersebut dapat disalurkan ke gampong-gampong yang paling membutuhkan.

“Data dulu di gampong mana yang hewan kurbannya sedikit, baru kemudian didistribusikan. Kita ingin hewan kurban ini dapat disalurkan untuk warga kita yang berhak mendapatkannya untuk dinikmati bersama keluarga dari hari raya,” ujar Amiruddin.

Arahan tersebut bertujuan agar pembagian hewan kurban dapat lebih merata dan tepat sasaran, sehingga seluruh masyarakat Banda Aceh dapat merasakan kebahagiaan Idul Adha.

BACA..  Pengirim Paket Asam Sunti Berisi 100 Gram Sabu Ditangkap Polisi

Pendekatan ini juga diharapkan dapat mengatasi ketimpangan dalam distribusi hewan kurban dan memastikan bahwa semua warga, terutama yang kurang mampu, dapat menikmati daging kurban.

Selain itu, rapat tersebut juga membahas pentingnya menjaga kualitas dan kesehatan hewan kurban. Amiruddin mengingatkan para panitia kurban di setiap gampong untuk memastikan bahwa hewan yang akan disembelih dalam kondisi sehat dan sesuai dengan syariat Islam. Hal ini penting untuk menjaga kualitas daging kurban yang akan dikonsumsi oleh masyarakat.

Perayaan Idul Adha kali ini diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi antar warga serta meningkatkan rasa kebersamaan dalam merayakan hari besar umat Islam ini. Pembagian daging kurban juga menjadi momen penting untuk saling berbagi dan peduli terhadap sesama, terutama bagi mereka yang kurang beruntung.

BACA..  Pengirim Paket Asam Sunti Berisi 100 Gram Sabu Ditangkap Polisi

Kegiatan penyembelihan hewan kurban yang dilaksanakan di berbagai gampong di Banda Aceh tidak hanya menjadi bagian dari ibadah, tetapi juga ajang untuk memperkuat solidaritas sosial. Warga yang mampu berbagi rezeki dengan sesama melalui kurban, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran sosial dan memperkokoh hubungan antar warga.

Dalam kesempatan tersebut, Amiruddin juga mengapresiasi partisipasi aktif dari masyarakat dan berbagai pihak yang berkontribusi dalam penyelenggaraan kurban tahun ini. Pj wali kota berharap semangat kebersamaan dan gotong royong yang ditunjukkan selama Idul Adha ini dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan di masa mendatang.

Dengan penyembelihan 1408 hewan kurban, Kota Banda Aceh telah menunjukkan semangat berbagi yang tinggi, dan diharapkan ini akan membawa berkah dan kebahagiaan bagi seluruh warganya. (*)