Usai Singgah di Sabang Danlanal Lepas Dua Kapal Perang India

oleh -166 views

Sabang ADC) – Dua kapal perang Angkatan Laut India INS Kora P61 dan INS Kuthar P46 yang singgah di Sabang beberapa hari. Pada Sabtu siang (07/09/19) dilepas Komandan Lanal Sabang di dermaga Container Terminal – 3 (CT-3) milik Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS), yang dihadiri para pimpinan institusi TNI yang ada di Sabang, serta FKPD Kota Sabang.

Komandan Lanal Sabang Letkol Laut (P) Agus Darmawan, SE., M.Tr.Hanla usai melakukan pelepasan kepada wartawan Sabtu (07/09/19) mengatakan, kedua kapal perang Tentara Angkatan Laut negara India tersebut dalam rangka _Port Visit_ selama tiga hari di Sabang.

BACA..  Sekjen PGX: Koalisi Indonesia Maju Harus Bersinergi dalam PILKADA 2024 untuk Memajukan Indonesia

Kedua kapal itu singgah di Sabang dengan tujuan utama untuk mengisi bahan bakar dan kebutuhan air tawar (air bersih), selain itu selama mereka berada di Sabang mereka melakukan _Couertesy Call_ yang merupakan bagian diplomasi ke Angkatan Laut di Mako Lanal Sabang.

Selain itu, komandan kapal perang itu juga melaksanakan _Courtesy call_ ke Pemerintah Kota (Pemko) yang sambut Wakil Wali Kota Sabang Drs. Suradji Junus, di ruang kerjanya pada Jumat siang” ., kata Danlanal.

BACA..  Kapolda Aceh Pastikan Rekrutmen Anggota Polri Transparan

Danlanal menjelaskan, antara Indonesia dengan India, sebenarnya sudah ada suatu kerjasama bidang keamanan laut berupa Patroli Bersama yang telah menjadi agenda rutin TNI AL setiap tahunnya yakni kerjasama Patroli Bersama India-Indonesia (INDINDO).

Sejak singgah di Sabang pada tanggal 5 September lalu, mereka sangat senang dengan sambutan yang kita berikan serta keramah tamahan seluruh masyarakat Kota Sabang. Selain itu mereka juga melakukan perjalanan utk menyaksikan keindahan kota serta mengunjungi Tugu Nol Kilometer dan Pantai Iboeh Sabang.

BACA..  Sekjen PGX: Koalisi Indonesia Maju Harus Bersinergi dalam PILKADA 2024 untuk Memajukan Indonesia

Kapal perang tersebut berisi 126 tentara dengan 16 orang perwira dan 110 personilnya, kapal perang INS Kora P61 (Republic of Indian Navy) dipimpin komandan Amit Kumar Sinha. Kapal perang INS Kuthar P46 dipimpin komandan Rajiv Khumar Singh.

“Selama mengunjungi Sabang, mereka sangat memuji keindahan perairan laut indonesia khususnya Pulau Weh yang memiliki konstelasi geografi yang begitu bagus, kondisi laut yang tenang serta pantai yang indah”, ungkapnya. (Jalal).