Nova Ajak Alumni FE Unsyiah Tingkatkan Kontribusi

oleh -154 views
oleh
Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah saat menyalami mantan Gubernur Aceh, Syamsuddin ahmud. Foto: Ist

Banda Aceh (AD)- Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, mengajak alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) untuk berkolaborasi dengan pemerintah Aceh. Dengan kolaborasi tersebut, diharapkan keberadaan alumni yang tersebar baik di nusantara maupun mancanegara, dapat memberikan sumbangsih kepada pengembangan dan pembangunan ekonomi Aceh.
“Beban paling berat adalah mempertahankan kontribusi yang telah dibangun oleh alumni dan kontribusi itu harus terus meningkat” kata Plt Gubernur saat menghadiri hari puncak perayaan ulang tahun dan reuni akbar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsyiah ke 60, di Halaman Fakultas tersebut, Banda Aceh, Sabtu (28/9).
Nova mengatakan, institusi yang telah berusia 60 tahun telah mencapai usia emas. Di usia tersebut, lanjut dia, telah banyak rintangan dilalui serta kontribusi yang diberikan.
“Fakultas ekonomi merupakan salah satu fakultas terbaik di Unsyiah, bila diukur dari parameter Gubernur Aceh, maka alumni ekonomi Unsyiahlah yang terbanyak pernah menjadi Gubernur Aceh,” kata Nova disambut tepuk tangan meriah tamu yang hadir.
Untuk itu, kata Nova, pemerintah Aceh membuka diri bagi siapapun yang ingin berkontribusi dan membangun Aceh. “Mari kita berkolaborasi bersama dan mudah-mudahan kesejahteraan masyrakat Aceh bukanlah fatamorgana,” tutur Plt Gubernur.
“Semoga ketika kesejahteraan masyarakat Aceh berhasil kita raih, alumni fakultas ekonomilah yang menjadi lokomotifnya,” ujar Nova.
Senada dengan Plt Gubernur, Rektor Unsyiah Samsul Rizal, juga mengajak para alumni untuk membangun almamaternya. Menurutnya, membangun Universitas merupakan langkah membangun Aceh di masa depan.
“Saya ingin kita membangun Aceh bersama-sama,” kata Samsul.
Menurut Samsul, berbagai permasalahan yang sedang melanda Aceh saat ini seperti narkoba, stunting, kemiskinan, perlu diselesaikan dengan kerjasama semua pihak.
Sementara itu, Dekan Fakultas Ekonomi Unsyiah, Nasir Azis mengatakan, tema yang diangkat pada perayaan ulang tahun fakultas ekonomi ke-60 itu memiliki makna bahwa peran alumni fakultas ekonomi Unsyiah sangatlah dibutuhkan dalam pembangunan Aceh.
Azis mengatakan Alumni fakultas ekonomi sejak generasi pertama sampai dengan 2019 kemarin, jumlahnya mendekati 29 ribu alumni. Oleh sebab itu, ia mengajak semua alumni membangun kerjasama yang baik.
“Mari kita bereuni hari ini dan mari kita bangun Aceh,” kata Azis.
Perayaan ulang tahun dan reuni akbar Fakultas Ekonomi Unsyiah ke 60 kali ini, mengangkat tema “Saweu Kampus Ta Bangun Nanggroe.” Berbagai rangkaian kegiatan digelar dalam rangka perayaan ulang tahun tersebut.
Turut hadir dalam acara tersebut, Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, yang juga Ketua Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Ekonomi Unsyiah (Ikafensy), Ketua Kadin Aceh Makmur Budiman, Guru Besar Ekonomi Unsyiah Syamsudin Mahmud, dan ratusan alumni fakultas ekonomi lainnya beserta dengan mahasiswa. (ril)