Mawardi Ali : Pancasila Sebagai Alat Pemersatu

oleh -165 views

Kota Jantho (AD) – Bupati Aceh Besar, Ir H Mawardi Ali menjadi inspektur upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019 di Lapangan upacara Kantor Bupati Aceh Besar, Kota Jantho, Selasa 1 Oktober 2019.

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2019 diikuti oleh unsur Forkopimda Aceh Besar, Sekdakab Aceh Besar Drs H Iskandar MSi, para staf ahli bupati, asisten Setdakab, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar.

Dalam kegiatan tersebut, bertindak selaku komandan upacara Ravie Julistian SSTP. Pembacaan Pancasila dipimpin oleh Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali. Sedangkan pembacaan pembukaan UUD 1945 oleh Cut Lisa SSTP, pembacaan ikrar dilakukan oleh Sekwan Aceh Besar Jamaluddin SSos MM, dan doa dipimpin Kakankemenag Aceh Besar H Abrar Zym SAg.

Usai upacara, Bupati Aceh Besar, Ir H Mawardi Ali kepada wartawan, menegaskan bahwa seluruh komponen anak bangsa untuk menjadikan peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini sebagai momentum memperkuat persatuan bangsa dan ukhuwah dalam menyongsong kehidupan berbangsa yang adil dan makmur. “Pancasila sebagai alat pemersatu, kata Mawardi Ali, harus dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan saling menghormati antar umat beragama dan suku-suku dan perbedaan yang ada,” ujarnya.

Ia juga mengharapkan dengan momentum ini para ASN di lingkungan Pemkab Aceh Besar dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila untuk meningkatkan etos kerja para ASN. “Jadikan momentum Hari Kesaktian Pancasila untuk peningkatan kinerja dengan berbudi luhur Pancasila,” pungkas Mawardi Ali.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Aceh Besar H Sofian SH menjelaskan, kegiatan tahunan itu memperingati Hari Kesaktian Pancasila bertujuan untuk lebih memberi pemahanan tentang pentingnya menjaga dan mempertahankan Pancasila sebagai dasar Negara. “Upacara Hari Kesaktian Pancasila ini juga dilaksanakan serentak di sejumlah Indonesia,” jelasnya. (Mukhlisin)