oleh

Sabang Menjadi Pusat Diving Internasional Festival Championship

Sabang, (AD) – Sabang telah tetapkan menjadi pusat kegiatan wisata Diving Internasional Festival dan Championship, kegiatan tersebut resmi dibuka, Minggu (06/10/19) di pantai kawasan wisata Gapang, Gampong Iboih, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi yang diwakili Rahmadhani melaporkan, Aceh International Diving Festival dan Championship tahun 2019 dengan tema “Lets Explores Sabang Wonderful Underwater” dilaksanakan untuk meningkatkan pariwisata Aceh dan Pariwisata halal Sabang., katanya.

example banner

Selain itu juga untuk memperkenalkan kepada dunia bahwa Sabang, memiliki keindahan bawah laut yang luar biasa. Maka, diharapkan kepada Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (Kemenpar RI), agar dapat membantu Aceh khususnys Sabang dalam membangun pariwisata.

Pemerintah Aceh menyadari Sabang belum memasuki 10 besar tempat wisata yang sering dikunjungi, oleh karenanya, dimohon kepada peserta agar dapat menjaga kebersihan karena ini merupakan branding yang sangat baik bagi Aceh khususnya Sabang., sebutnya.

Walikota Sabang dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Kota Sabang Drs.Zakaria, MM menyampaikan, atas nama Pemerintah Kota (Pemko) dan masyarakat Sabang mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta Diving Internasional Festival Championship di Sabang.

Kemudian terima kasih kepada Kemenpar RI dan Provinsi Aceh karena sudah mengadakan event yang bertaraf internasional Sabang, dengan harapan Kemenpar dan Pemerintah Provinsi dapat berkonsultasi dalam menentukan event-event kedepannya dalam rangka meningkatkan pariwisata Kota Sabang., harap Walikota.

Ditambahkan, Aceh Diving Internasional Festival dan Championship, dipandang memiliki tujuan yang sangat baik untuk meningkatkan arus wisata di Aceh, pada umumnya dan khususnya di Sabang.

Selaku Pemerintah Daerah Pemko Sabang, mendukung sepenuhnya terlaksananya berbagai even ataupun kompetisi digelar di Sabang. Karena, selain salah satu ajang promosi juga akan menjadikan Sabang, semakin lebih hidup dan ramai dikunjungi wisatawan.

Untuk itu, kegiatan ini hendaknya dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi dunia luar untuk mengenal Sabang secara lebih dekat lagi. Terutama dengan cara memperkenalkan keanekaragaman biota laut dan kebeningan air laut Sabang yang bisa ditembusi mata memandang.

Keindahan ini tersebar, di sekitar pulau Weh dan pulau-pulau kecil lainnya yang ada di Sabang. Semoga Festival ini dapat berjalan sesuai harapan, sehingga bukan saja tujuan untuk memperkenalkan Sabang ke dunia luar, tetapi sekaligus bertujuan untuk perkembangan peningkatan ekonomi masyarakat di daerah ini.

Demikian juga, dapat meningkatkan pendapatan daerah bukan saja diperoleh dari hasil bumi dan pajak.semata, tetapi juga dari pesona alamnya melalui even seperti ini., jelas Walikota.

Sementara itu, sambutan sekaligus pembukaan oleh Asisten Deputi Pengembangan Regional 1 Kemenpar RI Drs Reza Pahlevi mengatakan, Sabang yang memiliki banyak spot wisata salah satunya sejarah, desa wisata, cruice dan lainnya, tinggal bagaimana cara kita memasarkannya ke international., kata Reza Fahlevi.

Dilanjutkan, bagaimana cara kita meningkatkan Sabng yang potensinya termasuk besar dengan cara diantaranya mengadakan atraksi-atraksi, event-event yang dapat menarik wisatawan datang ke Sabang, semua itu yang memetakan adalah Pemko Sabang dan akan dibantu Pariwisata Aceh.

Setiap tahun harus kita tingkatkan standar dive Sabang dengan cara mengadakan Sertifikasi para Diver di tempat-tempat Usaha. Dan kewajiban kita untuk konservasi serta menjaga keaslian terumbu karang dan tempat yang dilindungi., katanya.

Catatan media ini
Aceh International Diving Festival dan Championship 2019 kerjasama antara Kemenpar RI, Dinas Pemerintah Aceh, Pemko Sabang dan Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) yang dilaksanakan untuk mempromosikan dan memperkenalkan potensi bawah laut dan pariwisata Aceh pada umumnya dan Sabang khususnya dengan total hadiah sebesar Rp. 33.500.000,-.

Kegiatan ini merupakan kelima kalinya dilakukan di Pantai Gapang, Sabang dengan agenda kegiatan Lomba Fotography Bawah Laut, Finswimming (Putra/Putri), Bouyancy
d. Fun Dive dan Intro Diving, Beach Clean Up.

Kegiatan Aceh International Diving Festival dan Championship 2019 dilaksanakan selama 2 hari mulai hari Minggu tanggal 06 sampai dengan Hari Senin 07 Okteber 2019. (Jalal)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA..