oleh

Jaga Keselamatan Bumi, TNI/Polri dan Pemerintah Daerah Tanam Pohon Mangrov

Sabang (AD) – Tentara Nasional Indonesia (TNI) memperingati hari jadinya yang ke 74, bekerjasama dengan Polri Polres Sabang, Pemerintah Kota (Pemko) Sabang, instansi pertikal Senin (07/10/19 bertempat di Pantai Cot Neuhot Gampong Jaboi, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang melaksanakan Karya Bakti Penanaman Pohon Mangrove.

Kegiatan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 74 TNI Tahun 2019 dengan tema ” Mari Selamatkan Bumi Untuk anak Cucu Kita TNI Profesional kebanggaan Rakyat Sumber Daya Manusia unggul Indonesia Maju” dimotori TNI Angkatan Laut Lanal Sabang.

example banner

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Danlanal Sabang Kolonel Laut (P) Agus Darmawan S.E, M.Tr, Hanla, Kapolres Sabang AKBP Syahrul S.I.K, Dandim Sabang Letkol Czi Adang Purnama, Kafasharkan Sabang Kolonel Laut (T) Tito Suriantho . ST,MM dan Sekda Kota Sabang Drs. Zakaria MM.

Selain itu juga dihadiri Asisten I Kota Sabang Andri Norman AP. Msi, Plt. Kepala BPKS Ir. Razuardi Ibrahim,MT, Kepala Syahbandar Sabang Siti Hajar SE. M.Si, Perwakilan DPRK Sabang, Kajari , dan Lanud Sabang, Dansatrad 233 Sabang Letkol Lek Firmansyah dan Perwakilan Kantor Navigasi.

Danlanal Sabang Kolonel Laut (P) Agus Darmawan SE, M.Tr, Hanla dalam sambutannya mengatakan, perlu diketahui semuanya bahwa kerusakan lingkungan yang sekarang terjadi di Indonesia, sangatlah memperihatinkan.

Terlebih lagi pada ekosistem pantai yang di akibatkan oleh kurangnya rasa perduli terhadap kelestarian lingkungan maupun faktor alam dalam bentuk abrasi laut, yang terus terjadi setiap waktu secara terus menerus.

Menyikapi hal tersebut TNI mengambil peran dalam menjaga dan melestarikan ekosistem pantai dengan kegiatan penanaman pohon Mangrove, guna mengantisipasi yang semakin parah dan tak terkendali.

Penanaman mangrove tersebut merupakan rangkaian kegiatan HUT TNI 74 yang dilaksanakan pada tanggal 05 Oktober 2019 serta untuk memecahkan Rekor Muri dengan penanaman pohon mangrove setentak di seluruh wilayah indonesia mulai dari Sabang sampai Merouke di Sabang sendiri ditanam sebanyak 3.500 batang mangrove., kata Kolonel Agus Darmawan.

Kolonel Agus Darmawan menjelaskan, momen HUT TNI ke 74 tahun 2019 Lanal Sabang melaksanakan Karya Bakti, yang bertujuan untuk menjaga lingkungan dari kerusakan alam baik oleh alam itu sendiri maupun akibat lainnya.

Diharaokan kepada masyarakat kiranya dapat menjaga kelestarian dan keselamatan bumi dari kerusakan, dan menitipkan alam ini bagi kelangsungan hidup anak cucu., jelas Kolonel Agus Darmawan.

Penanamn pohon mangrove yang dilakukan disepanjang pantai Gampong Jaboi, berjumlah 3.500 batang yang dilakukan oleh Forkompinda yang terdiri dari unsur pimpanan Pemko Sabang, Unsur Pimpinan TNI maupun Unsur Pimpinan Polri diwilayah Kota Sabang dengan tujuan untuk memperkuat ekosistem laut dan pertahanan pinggir pantai.

Tanaman mangrove adalah tanaman pencegah erosi dan abrasi pantai serta Intrusi air laut, yang dapat menyebabkan air tanah menjadi payau sehingga tidak baik untuk kelestarian,  sehingga perlu adanya penanaman Hutan mangrove, untuk  mengendapkan lumpur di akar-akar pohon bakau guna mencegah terjadinya intrusi air laut ke daratan. (Jalal).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA..