oleh

Sambut Hari Santri 2019, Pemkab Aceh Besar Gelar Lomba Baca Kitab Kuning

Kota Jantho (AD)- Untuk ke dua kalinya sejak tahun 2018, Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melalui Dinas Pendidikan Dayah kembali melaksanakan Musabaqah Qiraatil Kutub atau yang familiar dikenal sebagai Lomba Baca Kitab Kuning.

Kepala Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Aceh Besar, Ustad Adi Darma, S.Pd, M.Pd,  mengatakan, bahwa ajang ini dilaksanakan dalam rangka melakukan pembinaan SDM dan pemberdayaan santri Dayah. Kegiatan ini juga digelar untuk memeriahkan Hari Santri Nasional yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2019.

example banner

Selain itu, Ustad Adi Darma juga menyebutkan, untuk tahun ini, Musabaqah Qiraatil Kutub akan dilaksanakan di Halaman Masjid Jamik Babussalam Lamteungoh, Kemukiman Lampreh, Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar.

“Kegiatan yang akan berlangsung mulai tanggal 15 hingga 18 Oktober 2019 ini, Insyaallah nantinya akan dibuka langsung oleh Bupati Aceh Besar, Ir. Mawardi Ali,” ungkap Ustad Adi, Rabu 9 Oktober 2019. 

Sementara itu, Tgk. Heru Saputra, S.Ag selaku Ketua Pelaksana Musabaqah merincikan, kegiatan ini akan diikuti oleh 150 peserta dari berbagai dayah di Aceh Besar. Adapun cabang lomba yang akan diperlombakan, ada 10 cabang putra dan putri.

“Untuk kategori kitab yang diperlombakan yaitu, bidang Fiqh, Ushul Fiqh, Tafsir, Hadist, Tauhid, Akhlak, Tarikh, Nahwu, serta Lomba Pidato Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia,” urainya.

Tgk Heru juga mengajak seluruh elemen santri, pimpinan dayah, tokoh masyarakat, dan pemerintah Kabupaten Aceh Besar untuk ikut menghadiri dan mendukung suksesnya acara ini.

“Dengan harapan, kegiatan ini dilaksanakan bertujuan agar dapat meningkatkan minat santri Aceh Besar dalam mengembangkan ilmu pendidikan agama di dayah sehingga semakin hari akan menjadi lebih baik,” tutupnya. (R)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA..