oleh

Begini Aksi “Komunitas Pijay Gleeh” Bersihkan Sampah dan Tanam Pohon

Pidie Jaya (AD) – Banyak cara untuk melakukan perubahan, seperti yang dilakukan oleh Komunitas Pijay Gleeh, mereka memberikan edukasi kepada masyarakat betapa pentingnya menjaga lingkungan, dengan melakukan pembersihan sampah dan menanam pohon.

Komunitas peduli lingkungan ini melakukan aksi pembersihan sampah di sepanjang saluran air pinggir jalan menuju kota Meureudu, dan penanaman pohon dibeberapa titik di Pidie Jaya (Pijay), Kegiatan ini berlangsung pada Minggu (13/10).

Sungai, selokan, parit dan pantai di pidie jaya masih dipenuhi dengan sampah buangan masyarakat, Komunitas Pijay Gleeh ingin mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan.

Kegiatan ini dikuti relawan komunitas Pijay gleeh, lokasi yang dipilih disepanjang saluran air dan bantaran krueng Meureudu di Gampong Mesjid Tuha dan Gampong Meunasah Lhok Kecamatan Meureudu.

Disela-sela kegiatan tersebut Koordinator Komunitas Pijay Gleeh, Fazli, S.H.I saat dijumpai media ini, menuturkan bahwa kegiatan yang kami lakukan, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Pijay akan masalah pembuangan sampah sembarangan dan untuk mengubah pemikiran akan kepedulian mereka terhadap tempat tinggal dan lingkungan sekitar.

Aktifis Lingkungan kelahiran Meuredu ini mengatakan, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini semata-mata hanya untuk menjaga kebersihan lingkungan dan penyadaran terhadap warga agar lebih peduli terhadap lingkungan.

Fazli menambahkan, kepedulian masyarakat akan kebersihan lingkungan masih sangat minim. Ia berharap melalui kegiatan ini orang-orang lebih sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Tujuannya untuk menjaga lingkungan biar bersih, sekalian mengedukasi masyarakat pentingnya membuang sampah pada tempatnya”, ujanya.

Selain aksi membersihkan sampah, kedepan kami punya program untuk memberikan pengetahuan seputar sampah kepada masyarakat dan mengajak seluruh elemen masyarakat agar melakukan penanaman pohon untuk menghijaukan pidie jaya, terangnya.

Komunitas Pijay Gleeh berkomitmen untuk terus melakukan kegiatan lainnya secara terukur dan berkesinambungan, tentunya yang berdampak positif bagi komunitas dan lingkungan masyarakat.” sambungnya.

“Kami akan melakukan roadshow ke sekolah-sekolah dan ke masyarakat. Roadshow ini tujuannya untuk pembekalan bagi siswa dan masyarakat, nanti mereka akan diberikan pengetahuan terkait isu sampah dan pengelolaan sampah” pungkasnya.

Relawan Komunitas Pijay Gleeh berharap, nantinya masyarakat pidie jaya akan lebih sadar dan peduli terhadap alam dan lingkungannya, dengan melakukan hal-hal kecil seperti membuang sampah pada tempatnya.

Dengan adanya aksi seperti ini, akan mendorong lebih banyak orang yang peduli pada lingkungan terutama pantai, sungai, selokan dan fasilitas umum serta tempat wisata yang menjadi milik seluruh warga yang menikmati keindahannya.

Komunitas ini mencoba memahami dan menikmati kehidupan bersama alam raya, manusia dengan segala ragam budayanya. (T.Saiful)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA..