Peringati Hari Pahlawan, Komunitas Pijay Gleeh Gelar Aksi Pungut Sampah

oleh -147 views

Pidie Jaya, (AD) – Bertepatan dengan hari Pahlawan tanggal 10 November 2019 Komunitas Pijay Gleeh mengajak sejumlah Relawan di Pidie Jaya yang tergabung dalam MRI-ACT, PMI Pidie Jaya dan Mahasiswa KKN Unigha Angkatan 2019 untuk melakukan Sosialisasi dan Aksi pungut sampah di Gampong Sagoe Langgien Kecamatan Bandar Baru, Minggu 10 November 2019.

Kegiatan ini diikuti oleh seratusan relawan yang tergabung dalam berbagai komunitas, Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Pidie Jaya dan Kapolsek Bandar Baru yang ikut mendampingi dari awal hingga akhir aksi ini.

Kegiatan pungut sampah tersebut dilakukan selama dua jam, mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan Sosialisasi di Meunasah Gampong Sagoe Langgien Loeng Poetoe.

Dalam aksi itu, gabungan relawan dari berbagai organisasi kepemudaan tersebut berhasil mengumpulkan sejumlah sampah plastik dan sampah lainnya yang jumlahnya mencapai 1 truk.

Kadis Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pidie Jaya Syukri Itam, S.Pd mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya, saya sangat berbangga hati apa yang sudah dilakukan teman-teman Komunitas Pijay Gleeh, ini gerakan sosial yang luar biasa yang dilakukan komunitas Pijay Gleeh.

BACA..  Wakapolda Aceh: Al-Qur'an sebagai Panduan Ibadah dan Pedoman Hidup

Dalam hal ini DLH sangat mendukung apa yang sudah teman-teman Komunitas Pijay Gleeh lakukan selama ini. “Tujuan kita adalah sama untuk mewujudkan Pidie Jaya yang bersih dan sehat,” ujarnya.

Syukri juga menyebutkan, Ini memang pekerjaan pihaknya di LH tapi teman-teman sudah melakukan ini atas inisiatif sendiri, setiap kegiatan dengan menggunakan dana hasil patungan, dengan adanya Komunitas Pijay Gleeh. “Mari sama-sama kita menjaga dan membersihkan lingkungan untuk menciptakan keasrian lingkungan dan terbebas dari penyakit,” terangnya.

Kedepan kadis LH berharap pemerintah desa mau mengalokasikan anggaran untuk kebersihan desa. Tugas DLH mengumpulkan sampah bukan memungut sampah di rumah penduduk, setelah sampah terkumpul nanti, pihaknya akan ambil dengan mobil angkutan sampah.

Ketua Komunitas Pijay Gleeh Fazli Husin, S.HI. menyampaikan apresiasi pada teman-teman relawan di Pidie Jaya yang tergabung dalam beberapa organisasi kepemudaan, dengan semangat kerelawanannya mereka turun kelapangan melakukan aksi nyata untuk memberikan solusi tentang persoalan sampah di Pidie Jaya.

“Dengan semangat Hari Pahlawan, kita lakukan pemungutan sampah bersama-sama dengan masyarakat untuk membangkitkan kembali semangat Gotong Royong yang sudah mulai terkikis, mudah-mudahan aksi pungut sampah yang kita lakukan hari ini bisa menggugah warga untuk melakukan kegiatan yang sama,” kata Fazli.

BACA..  Polda Aceh Siap Amankan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah

Sambungnya, semoga di aksi-aksi berikutnya lebih banyak lagi relawan yang akan bergabung dengan pihaknya. ” Sama-sama kita kerja keras dan kerja Ikhlas untuk mewujudkan Pidie Jaya yang Gleeh (Bersih dari Sampah), ” ajak Fazli.

Komunitas Pijay Gleeh akan terus berupaya agar budaya hidup bersih dengan tidak membuang sampah sembarangan menjadi satu gaya hidup Masyarakat Kabupaten Pidie Jaya.

“Apabila semua masyarakat menyadari manfaat dari kebersihan lingkungan maka tidak ada lagi sampah yang bertebaran dimana-mana,” kata dia.

Dia mengungkapkan, bahwa salah satu alasan kenapa orang suka membuang sampah sembarangan, karena tidak mudah ditemuinya tempat buang sampah di dekat mereka.

“Kita harus kasih solusi dengan membantu mereka supaya terbiasa membuang sampah pada tempatnya dengan menyediakan tong sampah yang mudah dijangkau,” tuturnya.

Misalnya disetiap rumah, tempat ibadah dan lembaga pendidikan wajib disediakan tong sampah dan setiap dua atau tiga hari sekali jika sudah penuh harus ada petugas sampah untuk mengambil.

BACA..  Polda Aceh Siap Amankan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah

“Setelah kami turun kelapangan feedback dari masyarakat, mereka terkendala karena tidak punya tempat pembuangan sampah, karena tingkat kesadaran Masyarakat kita masih minim, akhirnya mereka membuang sampah ke sungai atau ke selokan,” ujarnya.

“Komunitas Pijay Gleeh hadir untuk memberikan sedikit solusi dengan melakukan aksi dan sosialisasi agar Masyarakat Pidie Jaya sadar dan peduli terhadap keindahan dan kebersihan lingkungan,” kata dia.

Dia berharap tiap-tiap Gampong atau Cluster tersedianya satu Kontainer Sampah untuk memudahkan petugas pengumpul sampah.

“Jika semua fasilitas pendukung sudah terpenuhi, maka tidak ada lagi alasan bagi warga membuang sampah sembarangan,” pungkasnya.

Sementara itu Kapolsek Kecamatan Bandar Baru Ipda M. Nur mengucapkan terimakasih kepada komunitas Pijay Gleeh yang telah berpartisipasi aktif dalam membangkitkan kembali semangat gotong royong dengan membersihkan lingkungan di daerah yang ia pimpin, dengan adanya komunitas pijay gleeh semangat gotong royong akan tumbuh kembali.

Kapolsek juga mengajak masyarakat untuk menjaga dan membersihkan lingkungan. “Kami mendukung penuh setiap kegiatan yang dilakukan komunitas Pijay Gleeh,” Pungkas Kapolsek. (Teuku Saifullah).