oleh

Hujan Dan Angin Kencang Landa Abdya, Sejumlah Rumah Warga Rusak

example banner

Abdya (AD) Hujan disertai angin kencang kembali menerjang Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Kamis,  9 Januari 2020. Akibat peristiwa tersebut, sejumlah rumah warga dilaporkan rusak.

Berdasarkan informasi dihimpun atjehdaily.id, hujan disertai angin kencang membuat warga di Kabupaten Abdya panik, bahkan ada atap rumah warga rusak dibawa terbang angin kencang.

Peristiwa tersebut terjadi di Gampong Padang Baru, Kecamatan Susoh, Kabupaten Abdya, beruntung tidak ada korban jiwa pada peristiwa terjadi pukul 17.25 WIB itu.

Selain rumah warga yang rusak, akibat dari hujan tersebut juga dilaporkan ruas jalan serta pemukiman warga di sejumlah wilayah dalam kabupaten Abdya tergenang banjir, bahkan debit air di Krueng Susoh terpantau cukup tinggi.

Ketua Tagana Abdya, Yasri mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan pengecekan langsung di lapangan untuk memastikan dampak akibat hujan deras dan angin kencang tersebut.

“Saat ini, selain rumah warga, bangunan SMP 2 Susoh juga ikut diterjang puting beliung. Kita belum bisa mastikan berapa jumlah keseluruhan rumah warga dan fasilitas publik yang terkena dampak dari musibah ini,” aku Yasri.

Pada kesempatan itu, Yasri juga menyebutkan, saat ini Abdya masih diguyur hujan, meski sudah tidak sederas tadi sore. “Kita terus mengumpulkan informasi-informasi dari sahabat Tagana. Jadi untuk sementara waktu kita belum bisa mastikan jumlah keseluruhannya,” singkatnya.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat di wilayah barat selatan Provinsi Aceh untuk waspada akan adanya potensi hujan lebat disertai angin kencang.

“Waspada adanya potensi hujan lebat di sertai angin kencang terjadi di seluruh wilayah barat selatan Aceh dan Sinabang,” kata Forecaster On Duty BMKG Meulaboh Nagan Raya, Yoga Almaruf S.Tr, Kamis sore.

Diperkirakan kondisi seperti ini akan berlangsung hingga pukul 19.00 WIB, agar menjadi perhatian dan warga diharapkan waspada dari pohon rawan tumbang.

Wilayah kerja BMKG Stasiun Meteorologi Meulaboh Nagan Raya, mencakup Kabupaten Aceh Singkil, Kota Subulussalam, Aceh Selatan, Aceh Barat Daya (Abdya), Nagan Raya, Aceh Barat, Aceh Jaya dan Simeulue.(TM).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA..