Kapal Pesiar Raksasa Seabourn Encore Singgahi Sabang, Penumpang Serbu Produk UMKM

oleh -59 Dilihat
Kapal pesiar MV Seabourn Encore saat sandar di pelabuhan CT-3 BPKS, Senin (19/12/2022).

SABANG, (AD) Kapal pesiar raksasa MV Seabourn Encore sandar di pelabuhan Container Terminal – 3 (CT-3) milik Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS), kapal yang membawa lima ratusan lebih wisatawan ini, selama berada di Sabang serbu produk UMKM hasil kerajinan masyarakat setempat.

Kunjungan wisatawan mancanegara kembali berdenyut di Kota Sabang dengan hadirnya Kapal Pesiar Seabourn Encore, kapal dengan panjang 210,50 meter tersebut kembali singgah di Dermaga CT-3 BPKS. Seabourn Encore yang dinakhodai oleh Captain Joris Stefan B Poriau bersandar pada pukul 06.30 Senin (19/12/22).

Prosesi penyambutan yang dimeriahkan dengan Tarian Ranup Lampuan sebagai tarian pembuka untuk menyambut tamu istimewa dan Tarian Saman yang sudah menjadi warisan dunia. Penyambutan juga di hadiri oleh Pj Walikota Sabang Reza Fahlevi didampingi unsur Forkopimda Kota Sabang dan Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) Junaidi Ali beserta unsur Manajemen.

BACA..  Selebgram asal Aceh Jaya Ditetapkan Sebagai Tersangka

Pada kunjungan kali ini, Seabourn Encore membawa sedikitnya 512 penumpang dan 440 Crew dari berbagai Negara, kapal pesiar ini berangkat dari Male, Maldives dan selanjutnya akan melanjutkan perjalanan ke Phuket, Thailand. Para wisatawan selain mengunjungi sejumlah Objek Wisata yang ada di Sabang, juga melakukan interaksi dengan masyarakat dan mengunjungi stand UMKM yang telah disediakan di area Dermaga CT-3 BPKS. Kehadiran UMKM diharapkan dapat memperkenalkan produk lokal berupa kerajinan tangan dan kuliner, kondisi ini tentu akan menggerakkan perekonomian masyarakat.

BACA..  Selebgram asal Aceh Jaya Ditetapkan Sebagai Tersangka

Para pelaku UMKM menyambut baik kunjungan kapal pesiar ini, banyak dari produk yang ditawarkan diminati oleh wisatawan. Salah seorang pelaku UMKM Christine Wangsa menyampaikan bahwa barang-barang yang diproduksinya laris terjual, hal ini tentu akan menjadi motivasi untuk menjaga kualitas dari kerajinan yang diproduksi di masa yang akan datang, Christine juga mengharapkan adanya dukungan dari Pemerintah untuk mengembangkan usahanya.

BACA..  Selebgram asal Aceh Jaya Ditetapkan Sebagai Tersangka

Kunjungan Seabourn Encore di Desember 2022 adalah kedatangan kapal pesiar terakhir di penghujung tahun ini, BPKS sudah merencanakan untuk peningkatan kunjungan Kapal Pesiar di masa yang akan datang. Dalam tahun 2023, Kapal Pesiar Amera yang berbendera Bahamas akan hadir di awal tahun, terkonfirmasi kapal tersebut berangkat dari Sri Lanka 12 Januari 2023 dan diperkirakan akan tiba di Kota Sabang pada tanggal 16 Januari 2023. (Jalaluddin Zky).